Apa Itu Dangerous Goods? Kenapa Dilarang Dalam Dunia Penerbangan

Apa Itu Dangerous Goods

Apa Itu Dangerous Goods

Dalam dunia penerbangan yang spesifik, ada banyak sekali istilah yang mengacu pada berbagai hal. Dan jika seseorang sudah memutuskan untuk “mencemplungkan” dirinya dalam dunia ini, wajib hukumnya untuk mengenal dan mengetahui istilah-istilah tersebut. Ambil saja contoh istilah “Dangerous Goods”. Apa pengertiannya?

Pengertian Secara Bahasa

Jika mengacu pada asal katanya yang berasal dari bahasa Inggris, kita bisa mengambil asumsi dengan menarik kata-kata dari frase tersebut. “Dangerous” bisa diartikan sebagai berbahaya dan “goods” bisa diartikan menjadi hal-hal ataupun benda-benda. Dalam bentuk frase, dangerous goods mengacu pada benda-benda berbahaya. Dan karena kita berbicara tentang dunia penerbangan, tentunya benda-benda berbahaya tersebut haruslah berhubungan juga dengan dunia penerbangan. Jadi istilah tersebut bisa didefinisikan sebagai hal-hal yang berbahaya bagi sekitar khususnya untuk dunia penerbangan.

Seperti yang kita ketahui bersama, dunia penerbangan merupakan dunia yang amat sangat kompleks. Untuk satu penerbangan saja, ada banyak sekali orang dan tenaga yang terlibat untuk memastikan agar penerbangan tersebut bisa berlangsung dengan lancar.

Belum lagi kenyataan bahwa akan ada beberapa penumpang yang terlibat ataupun barang-barang yang diangkut oleh penerbangan tersebut. Karena urusannya adalah nyawa dan berbagai benda dengan berbagai nilai, tentunya wajib hukumnya untuk memastikan keamanan penerbangan tersebut yang mencakupi segala sesuatunya.

Inilah mengapa diberlakukan regulasi yang melarang berbagai benda untuk tidak dibawa dalam sebuah penerbangan dan benda-benda tersebut merupakan hal-hal yang berhubungan dengan dangerous goods seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Berbagai Kategorisasi Dangerous Goods

Lalu, untuk lebih jauhnya, apa saja jenis dangerous goods yang harus diketahui. Sebenarnya ada beberapa kategori yang mencakupi dangerous goods. Dan Anda juga wajib tahu bahwa sebenarnya tidak semua dangerous goods tidak diperbolehkan dibawa oleh pesawat.

Ada beberapa hal yang masuk dalam kategori dangerous goods akan tetapi masih diperbolehkan atau secara istilah penerbangan disebut dengan kategori acceptable. Sebagai contoh, gunting, cutter, pisau. Hal-hal tersebut memang berbahaya akan tetapi bisa diangkut oleh penerbangan asalkan masuk kargo.

Kemudian ada lagi kategori dilarang diangkut dalam kondisi apapun. Sebagai contohnya adalah bahan peledak. Bayangkan jika bahan peledak diangkut menggunakan pesawat. Tentunya sangat mengerikan. Kemudian ada lagi kategori dilarang diangkut kecuali jika mendapatkan ijin dari otoritas terkait dan dalam hal ini biasanya berhubungan dengan pemerintah.

Sebagai contoh adalah bahan-bahan radioaktif. Bahan-bahan tersebut harus mendapatkan ijin dari pemerintah jika akan diangkut dengan menggunakan pesawat. Tentunya selama perjalanan, bahan-bahan tersebut haruslah dikemas dengan baik dan aman seperti dijaga suhunya dengan menggunakan sistem pendingin dan selalu dikontrol selama penerbangan berlangsung.

Dan ada juga dangerous goods yang mendapatkan pengecualian namun tidak dari pemerintah. Biasanya didapatkan dari petugas yang berhubungan dengan dunia penerbangan. Untuk kategori ini, contoh barang-barangnya bisa berupa cairan-cairang seperti parfum, alcohol, dan lain sebagainya.

Ataupun barang-barang yang pada dasarnya masuk dalam kategori dangerous goods namun sudah mengantongi ijin untuk diperjual belikan dan harus menggunakan pesawat untuk mengangkutnya sebagai metode ekspedisi. Itupun jumlahnya juga harus dikontrol dengan baik.

Itu dia penjelasan mengenai dangerous goods dalam dunia penerbangan termasuk beberapa kategorinya. Hal-hal tersebut harus dipahami dengan baik karena akan berhubungan dengan keselamatan dan juga kenyamanan penerbangan itu sendiri.

Jika Anda orang yang bekerja dalam dunia penerbangan, jangan sekali-kali mengambil resiko yang berhubungan dengan dangerous goods karena jika sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi, dampaknya akan besar sekali.

[post-carousel id=”340″]

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat