Apa Itu Paspor dan Seberapa Pentingkah Bagi Pramugari?

Apa Itu Paspor

Banyak Masyarakat Yang Tidak Mengetahui Apa Itu Paspor dan Fungsinya? Dengan melihat intensitas mobilitas orang-orang dewasa ini yang semakin ngetrend, sangatlah mungkin bagi Anda untuk memiliki keinginan untuk bepergian ke luar negeri.

Entah apapun tujuan Anda untuk pergi ke luar negeri seperti untuk sekedar melancong, urusan pekerjaan, atau malah untuk belajar, Anda wajib tahu bahwa ada syarat yang harus Anda penuhi agar bisa bepergian ke luar negeri. Syarat tersebut mencakupi paspor dan visa.

Untuk visa, dalam keadaan tertentu dan negara tertentu tidak wajib hukumnya. Ambil saja contoh orang Indonesia yang ingin ke Singapura untuk berwisata maka orang tersebut tidak harus memiliki visa. Namun untuk paspor, mau tidak mau, Anda harus memilikinya jika ingin mengunjungi negara lain tanpa terkecuali.

Lalu, Apakah Paspor Itu?

Untuk gampangnya, paspor adalah bukti identitas Anda yang berlaku secara internasional. Sebenarnya konsepnya sama seperti KTP. Hanya saja kalau KTP hanya diakui dan berlaku di Indonesia saja sementara paspor berlaku untuk level internasional.

Bayangkan saja jika Anda ingin bepergian ke luar negeri dan Anda hanya bisa menunjukkan KTP saja. Tentunya akan sangat konyol, bukan? Nah, inilah mengapa paspor diperlukan. Tujuan memiliki paspor adalah untuk identitas Anda dan sebagai media pengamanan.

Dengan memiliki paspor, maka Anda akan sangat mudah dikenali oleh imigrasi negara setempat. Anda akan terdaftar secara resmi telah memasuki suatu negara dan Anda harus tunduk dengan hukum negara tersebut.

Inilah mengapa orang-orang yang sudah tercatat berbuat jahat di suat negara dan sedang menjadi buronan, maka orang tersebut akan bisa lebih mudah dicari. Akan susah bagi orang tersebut untuk bisa keluar atau masuk suatu negara karena akan bisa dikenali dari paspornya.

Jenis-Jenis Paspor…

Anda juga harus tahu bahwa ada beberapa jenis paspor yang bisa Anda miliki dan jenis-jenis tersebut bisa berbeda tergantung pemakaian paspornya. Yang pertama adalah paspor biasa. Paspor ini memiliki warna hijau tua di sampulnya.

Dan paspor ini bisa digunakan untuk perjalanan ke luar negeri dengan tujuan yang biasa seperti untuk berjalan-jalan, wisata, bisnis, dan belajar. Kemudian yang kedua adalah paspor dinas yang memiliki sampul berwarna biru. Seperti namanya, paspor ini diperuntukkan untuk orang yang sedang berdinas bagi pegawai yang bekerja untuk negara.

Ambil saja contoh Aparatur Sipil Negara yang sedang ditugasi oleh kantornya. Atau pegawai pemerintahan yang juga sedang menjalankan tugas yang diamanatkan kepadanya.

Orang-orang tersebut harus menggunakan paspor yang berwarna biru sebagai tanda bahwa dirinya merupakan orang dari pemerintahan yang sedang melakukan perjalanan dinas. Selain kedua jenis paspor di atas, ada lagi paspor diplomatik.

Paspor ini khusus digunakan oleh orang yang sedang melakukan perjalanan dalam sebuah misi diplomatik. Jika kedua paspor sebelumnya dikeluarkan oleh kantor imigrasi, khusus untuk paspor diplomatik dikeluarkan oleh kantor Kementrian Luar Negeri.

Nah, bagi Anda yang ingin menjadi pramugari, tentu saja selain memiliki kecakapan dan kemampuan yang baik dalam urusan penerbangan dan pelayanan terhadap penumpang, Anda juga harus memiliki paspor. Paspor ini wajib hukumnya bagi Anda karena pekerjaan Anda menuntut Anda untuk selalu bepergian.

Bahkan jika Anda ingin menjadi pramugari untuk penerbangan domestik atau dalam negeri saja, Anda masih tetap disarankan untuk memiliki paspor karena bisa jadi nantinya Anda akan ditugaskan untuk penerbangan antar negara. Ada baiknya Anda segera membuatnya atau kalau memang belum memilikinya, saat Anda masuk ke sekolah pramugari seperti di FAAST Penerbangan, Anda akan diberikan waktu untuk membuat paspor.

[post-carousel id=”338″]

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat