Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pramugari Yang Baik dan Benar

ara Menghitung Berat Badan Ideal Pramugari

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pramugari, Sebagian dari Anda, khususnya yang memang bercita-cita menjadi pramugari tentunya sudah sedikit banyak tahu persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa mendaftar menjadi pramugari.

Ambil saja contoh tinggi badan, usia, latar belakang pendidikan, dan lain-lain. Untuk tinggi badan, mungkin Anda sudah tahu bahwa seseorang disarankan untuk memiliki tinggi badan minimal 158 cm untuk menjadi pramugari dan 165 cm untuk menjadi pramugara.

Sedangkan untuk usia diperbolehkan untuk mendaftar minimal adalah 18 tahun dan maksimal adalah 23 tahun. Dan untuk masalah latar belakangan pendidikan, orang yang ingin mendaftar menjadi pramugari harus merupakan lulusan minimal SMA/SMK atau sederajat.

Kemudian, selain persyaratan tersebut, bagi yang ingin mendaftar pramugari juga tidak diperbolehkan jika sudah dalam keadaan pernah menikah. Kondisi kesehatan juga harus baik yang mencakupi kesehatan fisik dan rohani.

Persyaratan-persyaratan di atas memang tidak bisa ditawar-tawar lagi dan sudah sangat jelas disebutkan. Akan tetapi, ada juga persyaratan yang berhubungan dengan tubuh yang ideal bagi yang ingin mendaftar menjadi pramugari.

Bagi banyak wanita, persyaratan ini sangatlah “abu-abu”. Mungkin bagi Anda, ideal atau tidaknya tubuh seseorang itu sifatnya relatif. Bisa jadi Anda melihat seseorang itu memiliki tubuh yang proporsional sementara menurut orang lain, tubuh tersebut cenderung terlalu gemuk.

Bentuk Tubuh Proposional

Nah, lalu bagaimana mengenai hal ini? Apakah ada batasan tertentu yang harus Anda tahu? Jika kita berbicara tentang tubuh yang proporsional, tentu saja kita harus juga berbicara tentang perbandingan antara tinggi badan dan berat badan.

Lalu, bagaimana sih cara menghitung berat badan ideal khususnya untuk menjadi pramugari? Ada dua buah rumus yang biasanya dipakai. Yang pertama adalah rumus BMI dan yang kedua adalah rumus Brocha. Mari kita bahas satu persatu.

Apa Itu BMI?

Untuk rumus BMI atau Body Mass Index, rumus yang digunakan adalah Berat Badan dalam kilogram : Hasil perkalian tinggi badan dalam satuan meter. Kemudian hasil perhitungan tersebut dibandingkan dengan tabel rumus BMI dan dilihat statusnya.

Untuk mempermudah Anda memahami rumus BMI, mari kita lihat langsung aplikasinya. Mari kita ambil contoh tubuh seseorang dengan tinggi badan 170 cm dan berat 65 kg. Mari kita ubah terlebih dahulu tinggi tersebut ke dalam satuan meter dan kita mendapatkan 1,7 meter.

Mari kita masukkan ke rumus di atas. Jadi 65 kg : (1,7 m x 1,7 m). Jika dilanjutkan jadi 65 kg : 2,89 meter dan hasil akhirnya adalah 22,49. Hasil 22,49 tersebut merupakan BMI orang tersebut. Nah, sekarang mari kita bandingkan dengan tabel BMI yang bisa dilihat di bawah ini.

Tabel BMI

Hasil BMI Kategori
Kurang dari 18 Underweight
18 – 25 Ideal
25 – 27 Overweight
27 ke atas Obesitas

Dengan melihat tabel di atas dan dibandingkan dengan hasil perhitungan yang dicontohkan yaitu 22,49 maka bisa disimpulkan bahwa orang dalam contoh memiliki tubuh yang ideal. Itulah di acara menghitung berat badan yang ideal dengan menggunakan rumus BMI.

Selanjutnya, bagaimana jika menggunakan rumus Brocha? Anda bisa melihat rumusnya di bawah ini.

Berat Badan Ideal = (Tinggi badan dalam cm – 100) – {15% x (Tinggi badan dalam cm – 100)}

Untuk lebih mudahnya, mari kita lihat langsung contohnya. Mari kita ambil contoh seseorang dengan tinggi badan 165 cm. Jika menggunakan rumus Brocha di atas, berapakah berat badan idealnya? Mari kita masukkan dalam rumus.

  • Berat badan ideal          = (165 cm – 100) – {15% x (165 cm – 100)}
  • = 65 – (15% x 65)
  • = 65 – 9,75
  • = 55,25 kg

Itulah di acara menghitung berat badan ideal jika menggunakan rumus Brocha. Nah, bagaimana dengan berat badan Anda? Apakah sudah ideal dan siap mendaftar menjadi pramugari?

[post-carousel id=”340″]

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat