Syarat Menjadi Check in Counter di Bandara dan Apa Saja Tugasnya

Syarat Menjadi Check in Counter

Syarat Menjadi Check in Counter

Syarat menjadi check in counter di bandara yang paling utama adalah memiliki penampilan yang rapi serta umur yang tidak melebihi 35 tahun. Sama halnya dengan batas usia awak kabin yakni 35 tahun. Gambaran pekerjaan seorang STAFF check in cunter secara umum yakni mengecek tiket penumpang sebelum keberangkatan.

Melakukan perjalanan dengan naik pesawat memang tidak sesederhana naik bis, tinggal bayar, duduk lalu sampai dan boleh turun. Sesuai prosedur yang ada di bandara, sebelum pesawat tinggal landas ada hal yang harus dilakukan yakni pre flight service berupa check in counter. Kegiatan tersebut adalah kegiatan lapor diri perihal keberangkatan, tempat untuk melakukannya disebut check in counter.

Syarat Menjadi Check in Counter di Bandara dan Apa Saja Tugasnya

Belakangan ini banyak kasus kejadian yang melibatkan petugas bandara dengan penumpang. Sebagian besar penumpang mempermasalahkan mengenai petugas yang tidak ramah dan kurang baik dalam pelayanannya. Kelalaian dalam bertugas adalah salah satu hal pemicunya, dalam setiap pekerjaan, petugas dituntut agar selalu fokus. Tujuannya ialah agar penumpang senantiasa nyaman dan mendapat pelayanan yang baik.

Untuk menjadi STAFF bandara / penerbangan, bahkan seorang STAFF check in sekalipun terdapat banyak sekali persyaratan dan keahlian yang harus dimiliki. Syarat menjadi check in counter di bandara ada beberapa kriteria yang harus dimiliki. Perhatikan beberapa hal berikut agar lolos menjadi STAFF check in di bandara.

  1. Umur tidak boleh melebihi 35 tahun, sama halnya dengan awak kabin
  2. Memiliki penampilan yang rapi dan bersih.
  3. Penampilan fisik yang mendukung.
  4. Memiliki wajah yang ramah dan murah senyum.
  5. Mampu memberikan pelayanan yang baik.
  6. Sehat secara fisik dan mental.

Untuk mengejar semua hal itu, mengikuti sekolah penerbangan merupakan modal yang sangat bagus sekaligus penting untuk dimiliki. Bukan seperti sekolah pada umumnya, maksudnya tidak memiliki jenjang seperti halnya bila setelah lulus SD maka akan naik ke tingkat SMP, lalu seterusnya ke jenjang SMA.

Sekolah penerbangan dapat ditempuh oleh mereka yang memiliki umur minimal 17 tahun dengan kata lain sudah boleh untuk bekerja dan memiliki kartu identitas. Banyak yang beranggapan bila sudah sekolah penerbangan maka setelahnya akan langsung menjadi STAFF bandara secara tetap. Tidak sebegitu mudah sebenarnya.

Ada Berapa Tahapan Yang Harus Dilalui???

Beberapa tahapan yang harus berhasil dilewati oleh siswa sekolah penerbangan untuk selanjutnya menjadi STAFF tetap, mulai dari tes fisik, pengetahuan dan lain sebagainya. Sekolah penerbangan biasanya mengadakan PKL atau kunjungan ke bandara untuk memperkaya materi dan menambah pengetahuan tentang dunia penerbangan.

Masa atau jangka waktu sekolah ini tidak terlalu lama. Ada yang hanya 3 bulan saja, 4 bulan, atau sampai 8 bulan. Kebanyakan sekolah penerbangan tidak sampai 1 tahun pelaksanaannya.

Kegiatan yang dilakukan ketika berada di check in counter yakni melakukan pengecekan terhadap tiket pesawat penumpang. Apakah sudah membayar airport tax atau belum, seringkali dalam tiket pesawat ada tiket yang belum termasuk airport tax, ada juga yang sudah. Tiket tersebut kemudian dicocokkan dengan identitas penumpang.

Bila penumpang memiliki tujuan domestik, maka tiket akan disesuaikan dengan kartu tanda penduduk (KTP) yang dimiliki. Namun bila tujuannya adalah luar negeri, sudah pasti passport dan dokumen pendukung lainnya akan turut diperiksa. Jadi, syarat menjadi check in counter di bandara tidaklah mudah. Namun, jika memiliki tekad yang kuat, tidak ada hal yang tidak mungkin di dunia ini.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp chat