Macam Macam Tes Seleksi Pramugari Maskapai Penerbangan Indonesia

Tes Seleksi Pramugari Maskapai Penerbangan
Tes Seleksi Pramugari Maskapai Penerbangan

Ada yang bilang, menjadi pramugari itu bukan perkara yang gampang. Dari sekian banyak orang yang mendaftar, hanya segelintir saja yang diterima. Alasannya adalah karena tes seleksinya yang banyak dan sulit.

Sebenarnya, untuk masalah sulit atau tidaknya, semuanya kembali ke diri masing-masing. Dengan persiapan yang baik, tentunya Anda akan lebih mudah melewati serangkaian tes Pramugari tersebut.

Dan Anda juga harus paham bahwa berbagai Tes Seleksi Pramugari tersebut memang sangat diperlukan karena profesi pramugari merupakan profesi yang tidak main-main. Tanggung jawabnya besar.

Macam Macam Tes Pramugari

Oleh karenanya perusahaan penerbangan (maskapai) rela memberikan gaji yang tinggi juga, mengingat besarnya tanggung jawab tersebut. Inilah mengapa ada banyak tes  Pramugari yang harus dijalani. Apa saja tesnya? Mari kita lihat di bawah ini.

1. Tes Penampilan

Tes ini merupakan Tes Pramugari yang paling awal yang akan Anda jalani. Pahami bahwa seorang pramugari merupakan orang yang langsung berhubungan langsung dengan para penumpang (passenger). Oleh karenanya penampilan sangatlah dibutuhkan dan ditonjolkan.

Anda akan dites tinggi badan minimal 160cm putri, sedangkan 170cm untuk laki-laki. Selain tinggi badan, anda juga akan di ukur berat badan, melihat kondisi rambut, tes menggunakan kosmetik, dan berbagai tes lainnya yang berhubungan dengan penampilan seperti tes cara berpakaian dan juga cara berjalan.

2. Tes Psikologi dan Bahasa Inggris

Tahapan selanjutnya adalah Tes Psikologi dan kemampuan bahasa Inggris. Dalam tes psikologi, Anda akan menjalani Tes Potensi Akademik (TPA), tes kepribadian, tes bakat, dan tes yang menggunakan media gambar.

Kemudian Anda akan menjalani tes kemampuan bahasa Inggris. Pastikan Anda menguasai bahasa Inggris dengan lancar baik tertulis maupun lisan karena kemampuan ini nantinya akan sangat dibutuhkan saat Anda sudah bekerja.

3. Tes Wawancara User

Dalam tes pramugari ini, Anda akan ditanyai mengenai hal-hal yang berhubungan dengan maskapai penerbangan tempat Anda ingin mendaftar menjadi Flight Attendant (Pramugari). Jadi pastikan Anda sudah tahu beberapa pengetahuan mengenai maskapai penerbangan tersebut.

Jangan sampai Anda tidak bisa memberikan jawaban yang baik yang menunjukkan bahwa Anda kurang serius dalam mendaftar menjadi pramugari di maskapai penerbangan tersebut.

4. Tes Wawancara Kompetensi

Tes wawancara kompentensi akan berusaha menguak tentang pribadi Anda. Tujuannya adalah agar maskapai perusahaan benar-benar tahu Anda. Untuk tes  pramugari yang satu ini, tidak ada tips khusus.

Yang harus Anda lakukan hanyalah menjawab pertanyaan sejujur mungkin dan sejelas mungkin agar maskapai penerbangan tersebut tahu dengan jelas siapa Anda dan bagaimana kepribadian Anda.

5. Tes Kesehatan

Rangkaian tes pramugari selanjutnya yang Anda jalani setelah lolos tes-tes sebelumnya adalah tes kesehatan. Ada berbagai tes kesehatan yang akan Anda jalani seperti tes jantung, mata, urine, rontgen, tulang, dan lain-lainnya.

Mengenai tes ini, biasanya Anda akan dikabari beberapa hari sebelum pelaksanaan. Jadi Anda bisa sedikit mempersiapkan tubuh Anda untuk tes kesehatan ini agar mendapatkan hasil yang lebih baik.

6. Tes Aspek Keamanan

Dalam tes ini, latar belakang Anda akan diperiksa dengan terperinci. Akan ada tes aspek keamanan yang akan melihat berbagai dokumen Anda seperti KTP, surat keterangan belum menikah, surat ijin dari orang tua dan berbagai dokumen lainnya.

Anda juga akan ditanyai mengenai negara Indonesia seperti Pancasila dan hal yang lainnya untuk memastikan bahwa Anda memang pro NKRI dan benar-benar WNI yang baik.

7. Tes Pantukhir

Di fase yang terakhir ini, Anda akan berhadapan langsung dengan direksi maskapai penerbangan tempat Anda mendaftar. Mungkin akan ada beberapa sesi tanya jawab.

Bagi kebanyakan calon pramugari, fase ini merupakan fase yang paling menegangkan karena nasib apakah Anda diterima atau tidak akan ditentukan di fase ini. Kuncinya, tetaplah tenang dan berikan penampilan yang terbaik. Jangan lupa berdo’a.

Nah itulah Beberapa Macam Tes Seleksi Pramugari Maskapai Penerbangan yang wajib Anda Persiapkan dan wajib Anda lewati jika ingin menjadi seorang Flight Attendant (Pramugari) di Perusahaan yang Anda inginkan.

Spread the love

12 thoughts on “Macam Macam Tes Seleksi Pramugari Maskapai Penerbangan Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up